Silahkan Klik Button di atas
Jika Ingin Menghubungi kami
melalui YM pada saat Online

Seiring dengan era globalisasi dimana dunia industri semakin besar, semakin banyak pula limbah yang dihasilkan oleh perusahaan. Adapun limbah yang dihasilkan sangat beragam, terdapat limbah yang bisa dilakukan daur ulang dan ada pula yang tidak dapat dilakukan daur ulang sesuai dengan keinginan perkumpulan masyarakat internasional.
Mengingat bahwa limbah bahan berbahaya dan beracun mempunyai potensi untuk menimbulkan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup maka perlu dilakukan pengelolaan yang bermanfaat terhadap lingkungan.
Maka dari itu kami berusaha untuk mengelola limbah B3 supaya tidak mencemari dan merusak lingkungan dengan berpegang teguh pada tatanan dan aturan dari pemerintah yang berlaku.
Dengan pengelolan limbah yang baik maka kita sudah memelihara lingkungan dengan baik dan menyediakan lingkungan yang sehat kepada generasi berikutnya.
PT. Harum Jaya Bersaudara semula adalah sebuah perusahaan perdagangan umum jasa pengangkutan dan pengumpul limbah non B3 yang sudah berdiri sejak tahun 2002 yang bernama CV. Harum Jaya Brothers. Pada pertengahan September 2008, Harum Jaya mulai berubah statusnya dari Perseroan Komanditer / CV. Ke perseroan Terbatas / PT. Dengan berubahnya status CV. Harum Jaya Brothers yang semula hanya di bidang jasa pengangkutan dan pengumpul limbah non B3, kini berkembang juga dibidang jasa pengumpul limbah B3. Pada tahun 2007 sudah disusun upaya pengolahan lingkungan (UKL) dan upaya pemantauan lingkungan (UKL) untuk memenuhi peraturan Pemerintah di bidang pengelolaan lingkungan hidup yang sudah diatur oleh kementrian Negara Lingkungan Hidup.
Demikian sekilas latar belakang berdirinya PT. Harum Jaya Bersaudara.

Teknologi Pengolahan Limbah B3

Definisi limbah B3 berdasarkan BAPEDAL (1995) ialah setiap bahan sisa (limbah) suatu kegiatan proses produksi yang mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3) karena sifat (toxicity, flammability, reactivity, dan corrosivity) serta konsentrasi atau jumlahnya yang baik secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak, mencemarkan lingkungan, atau - Read moree...


Penanganan Limbah B3

Limbah B3 harus ditangani dengan perlakuan khusus mengingat bahaya dan resiko yang mungkin ditimbulkan apabila limbah ini menyebar ke lingkungan. Hal tersebut termasuk proses pengemasan, penyimpanan, dan pengangkutannya. Pengemasan limbah B3 dilakukan sesuai dengan karakteristik limbah yang bersangkutan. Namun secara umum dapat dikatakan bahwa kema - Read moree...


Pembuangan Limbah B3 (Disposal)

Untuk melakkukan pembuangan limbah B3 maka Sebagian dari limbah B3 yang telah diolah atau tidak dapat diolah dengan teknologi yang tersedia harus berakhir pada pembuangan (disposal). Tempat pembuangan akhir yang banyak digunakan untuk limbah B3 ialah landfill (lahan urug) dan disposal well (sumur pembuangan). Di Indonesia, peraturan secara rinci me - Read moree...