Silahkan Klik Button di atas
Jika Ingin Menghubungi kami
melalui YM pada saat Online

Seiring dengan era globalisasi dimana dunia industri semakin besar, semakin banyak pula limbah yang dihasilkan oleh perusahaan. Adapun limbah yang dihasilkan sangat beragam, terdapat limbah yang bisa dilakukan daur ulang dan ada pula yang tidak dapat dilakukan daur ulang sesuai dengan keinginan perkumpulan masyarakat internasional.
Mengingat bahwa limbah bahan berbahaya dan beracun mempunyai potensi untuk menimbulkan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup maka perlu dilakukan pengelolaan yang bermanfaat terhadap lingkungan.
Maka dari itu kami berusaha untuk mengelola limbah B3 supaya tidak mencemari dan merusak lingkungan dengan berpegang teguh pada tatanan dan aturan dari pemerintah yang berlaku.
Dengan pengelolan limbah yang baik maka kita sudah memelihara lingkungan dengan baik dan menyediakan lingkungan yang sehat kepada generasi berikutnya.
PT. Harum Jaya Bersaudara semula adalah sebuah perusahaan perdagangan umum jasa pengangkutan dan pengumpul limbah non B3 yang sudah berdiri sejak tahun 2002 yang bernama CV. Harum Jaya Brothers. Pada pertengahan September 2008, Harum Jaya mulai berubah statusnya dari Perseroan Komanditer / CV. Ke perseroan Terbatas / PT. Dengan berubahnya status CV. Harum Jaya Brothers yang semula hanya di bidang jasa pengangkutan dan pengumpul limbah non B3, kini berkembang juga dibidang jasa pengumpul limbah B3. Pada tahun 2007 sudah disusun upaya pengolahan lingkungan (UKL) dan upaya pemantauan lingkungan (UKL) untuk memenuhi peraturan Pemerintah di bidang pengelolaan lingkungan hidup yang sudah diatur oleh kementrian Negara Lingkungan Hidup.
Demikian sekilas latar belakang berdirinya PT. Harum Jaya Bersaudara.

LIMBAH INDUSTRI I

Limbah adalah buangan yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungannya karena tidak mempunyai nilai ekonomi. Limbah mengandung bahan pencemar yang bersifat racun dan sangat berbahaya bahaya. Limbah ini dikenal dengan limbah B3 (bahan beracun dan berbahaya). Bahan ini dirumuskan sebagai bahan dalam jumlah relatif - Read moree...


Limbah beracun

Secara umum yang disebut limbah adalah bahan sisa yang dihasilkan dari suatu kegiatan dan proses produksi, baik pada skala rumah tangga, industri, pertambangan, dan sebagainya. Bentuk limbah tersebut dapat berupa gas dan debu, cair atau padat. Di antara berbagai jenis limbah ini ada yang bersifat beracun atau berbahaya dan dikenal sebagai limbah Ba - Read moree...


Jenis Limbah Industri

Limbah berdasarkan nilai ekonominya dirinci menjadi limbah yang mempunyai nilai ekonomis dan limbah nonekonomis. Limbah yang mempunyai nilai ekonomis yaitu limbah dengan proses lanjut akan memberikan nilai tambah. Misalnya: tetes merupakan limbah pabrik gula.
Tetes menjadi bahan baku untuk pabrik alkohol. Ampas tebu dapat dijadikan bahan baku un - Read moree...